قال الله تعالى: {وَأَنْزَلْنَا مِنْ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا} 1 أَيْ مُطَهِّرًا، وَيُعَبَّرُ عَنْهُ بِالْمُطْلَق (يُشْتَرَطُ لِرَفْعِ الْحَدَثِ وَالنَّجَسِ مَاءٌ مُطْلَقٌ وَهُوَ مَا يَقَعُ عَلَيْهِ اسْمُ مَاءٍ بِلَا قَيْدٍ)
Firman Allah: dan telah Kami turunkan dari langit air yang suci(surah Al Furqaan:48), maksudnya mensucikan, dan diibaratkan daripadanya dengan air yang mutlak,yang diisyaratkan bagi pengangkat hadas dan najis,yaitu air yang mutlak,air yang mutlak itu adalah air yang jatuh padanya nama air dengan tidak terikat oleh apapun.
: وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّن السَّمَاء مَاء لِّيُطَهِّرَكُم بِهِ( [ الأنفال :11]
وروى أبو هريرة رضي الله عنه قال: سأل رجل رسول الله فقال: يَا رَسولَ اللهِ، إنَّا نَرْكَبُ البَحْرَ، وَنَحمِلُ مَعَنا القَليلَ مِنَ المَاءِ، فَإنْ تَوَضَّأْنا بهِ عَطِشْنَا، أَفَتَوَضَّأُ بِماءِ البَحْرِ؟ فقال رسول الله: " هُوَ الطَّهُورُ ماُؤهُ الحِلُّ مَيتَتُهُ" [ رواه الخمسة، وقال الترمذي: هذا حديث حسن صحيح]1
----------------------------------------
(فَالْمُتَغَيِّرُ بِمُسْتَغْنًى عَنْهُ) مُخَالِطٍ طَاهِرٍ (كَزَعْفَرَانٍ تَغَيُّرًا يَمْنَعُ إطْلَاقَ اسْمِ الْمَاءِ) لِكَثْرَتِهِ (غَيْرُ طَهُورٍ) كَمَا أَنَّهُ غَيْرُ مُطْلَقٍ إذْ مَا صَدَقُ الطَّهُورِ وَالْمُطْلَقِ وَاحِدٌ (وَلَا يَضُرُّ) فِي الطَّهَارَةِ (تَغَيُّرٌ لَا يَمْنَعُ الِاسْمَ) لِقِلَّتِهِ (وَلَا مُتَغَيِّرٌ بِمُكْثٍ وَطِينٍ وَطُحْلُبٍ وَمَا فِي مَقَرِّهِ وَمَمَرِّهِ) كَكِبْرِيتٍ وَزَرْنِيخٍ لِتَعَذُّرِ صَوْنِ الْمَاءِ عَمَّا ذُكِرَ، فَلَا يَمْنَعُ التَّغَيُّرُ بِهِ إطْلَاقَ الِاسْمِ عَلَيْهِ،. (وَكَذَا) لَا يَضُرُّ (مُتَغَيِّرٌ بِمُجَاوِرٍ) طَاهِرٍ (كَعُودٍ وَدُهْنٍ) مُطَيَّبَيْنِ أَوْ لَا (أَوْ بِتُرَابٍ طُرِحَ فِيهِ فِي الْأَظْهَرِ)
Jika air itu berubah sebab banyak bercampur dengan sesuatu yang merubah seperti kunyit dimana perubahannya menjadikan namanya tidak mutlak karena banyak warnanya, maka tidak sucilah air itu,yang artinya air itu tidak mutlak sebagaimana suci dan mutlak itu satu adanya,dan jika kunyit itu tidak merubah kemutlakan air karena sedikit warnanya maka ia tidak merusak kesucian air,jika air itu berubah karena kediamannya seperti tanah dan lumut/tanaman air yang ada pada tempat air itu atau tempat mengalirnya seperti belerang dan warangan karena keduanya menyamarkan akan rupa air sebagaimana yang disebutkan maka tidak mencegah ia akan perubahan kemutlakan nama air olehnya,dan demikian juga perubahan yang berdekatan(tidak bercampur) dengan air itu sperti kayu gaharu dan minyak yang baik atau minyak kotor,atau tanah yang dituangi pada air itu maka tidak merusak kesucian air itu juga,pada ungkapan yang zahir.
(وَيُكْرَهُ الْمُشَمَّسُ) أَيْ مَا سَخَّنَتْهُ الشَّمْسُ فِي الْبَدَنِ خَوْفَ الْبَرَصِ، بِخِلَافِ الْمُسَخَّنِ بِالنَّارِ، فَلَا يُكْرَه ُ2 (وَالْمُسْتَعْمَلُ فِي فَرْضِ الطَّهَارَةِ) عَنْ الْحَدَثِ كَالْغَسْلَةِ الْأُولَى فِيهِ (قِيلَ وَنَفْلِهَا) كَالْغَسْلَةِ الثَّانِيَةِ وَالثَّالِثَةِ وَالْوُضُوءُ الْمُجَدَّدُ وَالْغَسْلُ الْمَسْنُونُ (غَيْرُ طَهُورٍ فِي الْجَدِيدِ) 3
Dan makruhlah air yang panas sebab cahaya matahari,karena dikahwatirkan akan menyebabkan penyakit pada anggota tubuh,kecuali panasnya karena dipanaskan dengan api maka tidak makruh,dan air yang sudah terpakai (musta’mal) untuk fardu bersuci daripada hadas seperti mencuci aggota wudu’ yang pertama,menurut kata lain air yang dipakai pada sunnah bersuci juga makruh seperti mencuci yang kedua dan yang ketiga, dan air yang dipakai untuk memperbaharui wudu’ dan mencuci yang disunnahkan,maka tidak sucilah air itu,
نقل الشافعي ـ رحمه الله تعالى ـ عن عمر: أنه كان يكره الاغتسال به، وقال: ولا أكره الماء المشمس إلا من جهة الطب، ثم روى: أنه يورث البرص 2
لِأَنَّ الصَّحَابَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ لَمْ يَجْمَعُوا الْمُسْتَعْمَلَ فِي أَسْفَارِهِمْ الْقَلِيلَةِ الْمَاءِ لِيَتَطَهَّرُوا بِهِ، بَلْ عَدَلُوا عَنْهُ إلَى التَّيَمُّم 3
----------------------------------------
(فَإِنْ جَمَعَ) الْمُسْتَعْمَلَ عَلَى الْجَدِيدِ (فَبَلَغَ قُلَّتَيْنِ فَطَهُورٌ فِي الْأَصَحِّ) (وَلَا تَنْجُسُ قُلَّتَا الْمَاءِ بِمُلَاقَاةِ نَجَسٍ)4 (فَإِنْ غَيَّرَهُ) أَيْ الْمَاءُ الْقُلَّتَيْنِ (فَنَجَسٌ 5 فَإِنْ زَالَ تَغَيُّرُهُ بِنَفْسِهِ) كَأَنْ زَالَ بِطُولِ الْمُكْثِ (أَوْ بِمَاءٍ) انْضَمَّ إلَيْهِ (طَهُرَ) كَمَا كَانَ الزَّوَالُ سَبَبَ النَّجَاسَةِ (أَوْ بِمِسْكٍ وَزَعْفَرَانٍ) أَيْ لَمْ تُوجَدْ رَائِحَةُ النَّجَاسَةِ بِالْمِسْكِ، وَلَا لَوْنُهَا بِالزَّعْفَرَانِ، وَلَا طَعْمُهَا بِالْخَلِّ. (فَلَا) يَطْهُرُ (وَكَذَا تُرَابٌ وَجِصٌّ فِي الْأَظْهَرِ) لِلشَّكِّ (وَدُونَهُمَا) أَيْ وَالْمَاءُ دُونَ الْقُلَّتَيْنِ (يَنْجُسُ بِالْمُلَاقَاةِ) (فَإِنْ بَلَغَهُمَا بِمَاءٍ وَلَا تَغَيُّرَ بِهِ فَطَهُورٌ فَلَوْ كُوثِرَ بِإِيرَادِ طَهُورٍ) أَيْ أُورِدَ عَلَيْهِ طَهُورٌ أَكْثَرُ مِنْهُ (فَلَمْ يَبْلُغْهُمَا لَمْ يَطْهُرْ وَقِيلَ): هُوَ (طَاهِرٌ لَا طَهُورٌ)ِ
Jika air musta’mal itu dihimpunkan hingga sampai dua kullah, maka sucilah ia pada kata yang sah,dan tidak bernajis air yang dua kullah jika ditemukan najis didalamnya,jika ia berubah(sebab najis) maka bernajislah ia,jika perubahannya hilang dengan sendirinya karena lama diamnya atau dengan air yang suci yang digabungkan dengannya maka hilanglah sebab najisnya,atau dengan misik dan kunyit tidak ditemukan lagi baunya karena misik dan tidak ditemukan lagi warnanya dengan kunyit dan juga rasanya sebab campuran,maka tidak suci air itu,dan demikian juga tanah dan kapur karena sak (ragu) pada kata yang izhar,dan air yang kurang dua kullah itu bernajis dengan ditemukan najis didalamnya,jika sampai ia dua kullah dan tidak pula berubah ia sebab najis maka suci air itu,jika diperbanyak dengan menambahkan air yang suci dimana lebih banyak air yang suci itu daripada yang asal,kalau ia tidak sampai dua kullah maka tetap tidak suci dan menurut kata lain air itu suci tapi tidak mensucikan.
لِحَدِيثِ {إذَا بَلَغَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلْ الْخَبَثَ} صَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَغَيْرُهُ. وَفِي رِوَايَةٍ لِأَبِي دَاوُد وَغَيْرِهِ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ {فَإِنَّهُ لَا يَنْجُسُ} وَهُوَ الْمُرَادُ بِقَوْلِهِ: {لَمْ يَحْمِلْ الْخَبَثَ} أَيْ يَدْفَعُ النَّجَسَ وَلَا يَقْبَلُهُ. 4
لِحَدِيثِ ابْنِ مَاجَهْ وَغَيْرِهِ {الْمَاءُ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ إلَّا مَا غَلَبَ عَلَى رِيحِهِ وَطَعْمِهِ وَلَوْنِهِ} 5
----------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pembaca terbaik meninggalkan secuil komentar ilmiah,.,.,.silahkan