Jumat, 16 September 2016

AL MAHALLI SYARAH MINHAJ THALIBIN (Bab wudu' dan yang wajib bagi wudu')



باب الوضوء

هُوَ مُشْتَمِلٌ عَلَى فُرُوضٍ وَسُنَنٍ، (فَرْضُهُ  سِتَّةٌ: أَحَدُهَا نِيَّةُ رَفْعِ حَدَثٍ) عَلَيْهِ كَأَنْ يَنْوِيَ رَفْعَ حَدَثِ (أَوْ) نِيَّةُ (اسْتِبَاحَةِ مُفْتَقِرٍ إلَى طُهْرٍ) (أَوْ) نِيَّةُ (أَدَاءِ فَرْضِ الْوُضُوءِ)،28(وَمَنْ دَامَ حَدَثُهُ كَمُسْتَحَاضَةٍ) وَمَنْ بِهِ سَلَسُ الْبَوْلِ (كَفَاهُ نِيَّةُ الِاسْتِبَاحَةِ) (دُونَ الرَّفْعِ) لِبَقَاءِ حَدَثِهِ (عَلَى الصَّحِيحِ فِيهِمَا) (وَمَنْ نَوَى تَبَرُّدًا مَعَ نِيَّةٍ مُعْتَبَرَةٍ) كَنِيَّةٍ مِمَّا تَقَدَّمَ (جَازَ) لَهُ  ذَلِكَ (عَلَى الصَّحِيحِ) (أَوْ) نَوَى (مَا يُنْدَبُ لَهُ الْوُضُوءُ كَقِرَاءَةٍ) أَيْ نَوَى الْوُضُوءَ لِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ أَوْ نَحْوِهَا، (فَلَا) يَجُوزُ لَهُ ذَلِكَ، أَيْ لَا يَكْفِيهِ فِي النِّيَّةِ (فِي الْأَصَحِّ) (وَيَجِبُ قَرْنُهَا بِأَوَّلِ الْوَجْهِ) أَيْ بِأَوَّلِ غَسْلِهِ فَلَا يَكْفِي قَرْنُهَا بِمَا بَعْدَ (وَقِيلَ يَكْفِي) قَرْنُهَا (بِسُنَّةٍ قَبْلَهُ) لِأَنَّهَا مِنْ جُمْلَةِ الْوُضُوءِ كَغَسْلِ الْكَفَّيْنِ،(وَلَهُ تَفْرِيقُهَا عَلَى أَعْضَائِهِ) (فِي الْأَصَحِّ)
(Bab wudu’) melengkapi segala yang fardu dan sunnahnya,adapaun fardu wudu’ itu ada enam,pertama niat mengangkatkan hadas,yaitu hendaklah seseorang meniatkan mengangkatkan hadas,atau niat pengharuskan yang berkehendak kepada suci,atau niat membayar fardu wudu’,dan barang siapa yang hadasnya berkekalan seperti mustahadah,dan selalu mengalir baulnya,maka memadailah baginya niat mengharuskan tidak mengangkatkan hadas,karena hadasnya tetap ada,dan seseorang yg berniat dalam berdingin-dingin dengan cara niat yang diatas maka memadailah baginya niat demikian pada kata yang sahih,atau ia berniat seperti diatas untuk melakukan hal yang sunnah seperti membaca Alqur’an atau sebagainya maka tidak memadai niatnya itu pada kata yang sah,wajiblah menyertai niat dengan awal mencuci muka,dan tidak memadai menyertai niat setelah mencuci muka,dikatakan memadailah menyertai niat saat melakukan hal yang sunnah sebelum mencuci muka seperti saat mencuci telapak tangan,dan baginya menceraikan niat bagi seluruh anggota wudu’, pada kata yang sah.
وَالْأَصْلُ فِي النِّيَّةِ حَدِيثُ الصَّحِيحَيْنِ الْمَشْهُورُ {إنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ}28
----------------------------------------
(الثَّانِي: غَسْلُ وَجْهِهِ)29(وَهُوَ مَا بَيْنَ مَنَابِتِ) شَعْرِ (رَأْسِهِ غَالِبًا وَمُنْتَهَى لَحْيَيْهِ) (وَمَا بَيْنَ أُذُنَيْهِ) (فَمِنْهُ مَوْضِعُ الْغَمَمِ) وَهُوَ مَا نَبَتَ عَلَيْهِ الشَّعْرُ مِنْ الْجَبْهَةِ،(وَكَذَا التَّحْذِيفُ) أَيْ مَوْضِعُهُ مِنْ الْوَجْهِ. (فِي الْأَصَحِّ) (لَا النَّزَعَتَانِ) (وَهُمَا بَيَاضَانِ يَكْتَنِفَانِ النَّاصِيَةَ) لِأَنَّهُمَا فِي تَدْوِيرِ الرَّأْسِ(قُلْت: صَحَّحَ الْجُمْهُورُ أَنَّهُ مَوْضِعُ التَّحْذِيفِ مِنْ الرَّأْسِ، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ) (وَيَجِبُ غَسْلُ كُلِّ هُدْبٍ) بِالْمُهْمَلَةِ (وَحَاجِبٍ وَعِذَارٍ) بِالْمُعْجَمَةِ (وَشَارِبٍ وَخَدٍّ وَعَنْفَقَةِ شَعَرٍ) (وَبَشَرٍ) أَيْ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا (وَقِيلَ لَا يَجِبُ بَاطِنُ عَنْفَقَةِ كَثِيفَةٍ) (وَاللِّحْيَةُ إنْ خَفَّتْ كَهُدْبٍ) فَيَجِبُ غَسْلُهَا ظَاهِرًا وَبَاطِنًا (وَإِلَّا) بِأَنْ كَثُفَتْ (فَلْيَغْسِلْ ظَاهِرَهَا) وَلَا يَجِبُ غَسْلُ بَاطِنِهَا لِعُسْرِ إيصَالِ الْمَاءِ إلَيْهِ،(وَفِي قَوْلٍ لَا يَجِبُ غَسْلُ خَارِجٍ عَنْ الْوَجْهِ)
Yang kedua mencuci wajah,yang dikatakan wajah yaitu mulai dari tempat tumbuh rambut kepala melengkapi sekeliling dagu dan diantara dua helai telinga,bagian dari muka juga termasuk ghamam,yaitu batasan tempat tumbuh rambut dan dahi demikian juga tahzif yaitu tempat yang ada pada wajah,pada kata yang sah.tidak termasuk wajah dua tanjung momong,yaitu kulit  putih yang menjepit ubun-ubun  itu termasuk lokasi seputar kepala,menurut kata qultu pendapat jumhur ulama yang sahih sesungguhnya tempat tahzif bagian dari kepala Wallahu A’lam,wajiblah mencuci seluruh bulu mata,dan alis dan kening dan kumis dan bulu pipi dan jenggot melengkapi bulu dan kulitnya,menurut kata yang lain tidak wajib mencuci bagian dalam jenggot yang lebat, jika jenggotnya jarang maka seperti bulu mata yaitu wajib mencuci zahir dan bhatinnya,jika jenggotnya lebat maka zahirnya saja dan tidak wajib mencucinya sampai kedalam karena sukar sampai air kedalamnya,dan pada suatu kata tidak wajib mencuci diluar daripada wajah.
قَالَ تَعَالَى: {فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ}29
----------------------------------------
(الثَّالِثُ غَسْلُ يَدَيْهِ) (مَعَ مِرْفَقَيْهِ)30 (فَإِنْ قُطِعَ بَعْضُهُ) (وَجَبَ غَسْلُ مَا بَقِيَ) مِنْهُ (أَوْ مِنْ مِرْفَقَيْهِ) (فَرَأْسُ أَعْظَمِ الْعَضُدِ) يَجِبُ غَسْلُهُ (عَلَى الْمَشْهُورِ) (أَوْ) مِنْ (فَوْقِهِ نُدِبَ) غَسْلُ (بَاقِي عَضُدِهِ) (الرَّابِعُ: مُسَمَّى مَسْحٍ لِبَشَرَةِ رَأْسِهِ أَوْ شَعْرٍ فِي حَدِّهِ) (وَالْأَصَحُّ جَوَازُ غَسْلِهِ) . (وَ) جَوَازُ (وَضْعِ الْيَدِ) عَلَيْهِ (بِلَا مَدٍّ) 31
Yang ketiga mencuci kedua tangan hingga mata siku,jika sebagian tangannya puntung maka wajib mencuci sebagian yang tinggal,atau jika puntung bagian atas siku maka wajib menyapu /mencuci ujung puntungan menurut pendapat yang masyhur,atau jika puntung dari atas itu lagi maka sunnah mencuci aggota yang tertinggal,
Yang keempat menyapu bagian kulit kepala atau rambut halus yang ada pada hadnya,menurut kata yang sah boleh mencuci bagian kepala dan meletakkan tangan dengan tidak lama.
قَالَ تَعَالَى: {وَأَيْدِيَكُمْ إلَى الْمَرَافِقِ} وَدَلَّ عَلَى دُخُولِهِمَا فِعْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا رَوَى مُسْلِمٌ {أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ تَوَضَّأَ فَغَسَلَ وَجْهَهُ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى حَتَّى أَشْرَعَ فِي الْعَضُدِ، ثُمَّ الْيُسْرَى حَتَّى أَشْرَعَ فِي الْعَضُدِ، ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ، ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى حَتَّى أَشْرَعَ فِي السَّاقِ، ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى حَتَّى أَشْرَعَ فِي السَّاقِ، ثُمَّ قَالَ: هَكَذَا رَأَيْت رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ}30
قَالَ تَعَالَى: {وَامْسَحُوا برءوسكم} وَرَوَى مُسْلِمٌ {أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم تَوَضَّأَ فَمَسَحَ بِنَاصِيَتِهِ وَعَلَى الْعِمَامَةِ}31 َ
----------------------------------------
     (الْخَامِسُ: غَسْلُ رِجْلَيْهِ مَعَ كَعْبَيْهِ) مِنْ كُلِّ رِجْلٍ 32 (السَّادِسُ: تَرْتِيبُهُ هَكَذَا) أَيْ كَمَا ذُكِرَ مِنْ الْبُدَاءَةِ بِغَسْلِ الْوَجْهِ ثُمَّ الْيَدَيْنِ ثُمَّ الرَّأْسِ ثُمَّ الرِّجْلَيْنِ لِلِاتِّبَاعِ كَمَا فِي حَدِيثِ مُسْلِمٍ السَّابِقِ وَغَيْرِهِ. (فَلَوْ اغْتَسَلَ مُحْدِثٌ) بِنِيَّةِ الْوُضُوءِ بَدَلَهُ (فَالْأَصَحُّ أَنَّهُ إنْ أَمْكَنَ تَقْدِيرُ تَرْتِيبٍ بِأَنْ غَطَسَ وَمَكَثَ) قَدْرَ التَّرْتِيبِ (صَحَّ) لَهُ الْوُضُوءُ (وَإِلَّا) (فَلَا) يَصِحُّ لَهُ وُضُوءٌ (قُلْت: الْأَصَحُّ الصِّحَّةُ بِلَا مُكْثٍ، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ) لِأَنَّ الْغُسْلَ يَكْفِي لِلْحَدَثِ الْأَكْبَرِ فَلِلْأَصْغَرِ أَوْلَى
Yang kelima: mencuci kedua kaki hingga dua mata kaki dan sekelilingnya,yang keenam:tertip sebagaimana urutan tertip yang tersebut dimulai dari wajah,tangan,kepala,dan kaki seperti hadits yang diriwayatkan imam muslim dan lainnya,jika mandi seorang yang berhadas dengan niat wudu’,menurut kata yang sah jika mungkin baginya mentaqdirkan tertip dengan cara menyelam dan diam dalam menyelamnya sekedar tertip maka sahlah wudu’nya,jika tidak demikian maka tidak sah,menurut kata qultu yang sah,sahlah wudu’nya dengan tidak lama diam, karena mandi telah memadai bagi mengangkatkan hadas besar maka hadas kecil lebih awla lagi, Wallahu A’lam.
32 قَالَ تَعَالَى: {وَأَرْجُلَكُمْ إلَى الْكَعْبَيْنِ}
----------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca terbaik meninggalkan secuil komentar ilmiah,.,.,.silahkan