Selasa, 06 September 2016

MA'NA KALIMAT AL 'ALIYU YANG IDAFAH KEPADA ALLAH.


Hendra Rajoangek > ‎Surau Pengajian Syari'at Thariqat Haqiqat Ma'rifat, Ranah Minang

Dalam Alqur'an ada kalimat الْعَلِيُّ
artinya maha tinggi idafah kepada Allah..Apakah lafaz ini ma'nanya "Allah berada ditempat yang tinggi diatas langit"???
Seperti firman Allah Ta’ala (pada ayat kursi),
وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
“dan dialah Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah 255)
untuk menemukan ma'na dan maksud الْعَلِيُّ disini mari kita lihat dalam beberapa Tafsir yang mu'tabar..

Tafsir Jailalayn:
{وَهُوَ الْعَلِيّ} فَوْق خَلْقه بِالْقَهْرِ {الْعَظِيم} الكبير
(dan dialah Allah yang maha tinggi diatas makhluqnya dengan mengusai.)
maksud maha tinggi disini dengan kekuasaanNya yang maha tinggi daripada kekuasaan makhluqNya..bukan Allah itu berada diatas tempat yang tinggi diatas langit.

Tafsir Ibnu Katsir:
فَقَوْلُهُ: {وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ} كَقَوْلِهِ: {وَهُو [الْعَلِيُّ الْكَبِير} وَكَقَوْلِهِ] (١) : {الْكَبِيرُ الْمُتَعَال} [الرَّعْدِ:٩] .وَهَذِهِ الْآيَاتُ وَمَا فِي مَعْنَاهَا مِنَ الْأَحَادِيثِ الصِّحَاحِ الْأَجْوَدُ فِيهَا طَرِيقَةُ السَّلَفِ الصَالِحٍ إِمْرَارُهَا كَمَا جَاءَتْ مِنْ غَيْرِ تَكْيِيفٍ وَلَا تَشْبِيهٍ.
Alhafidz Ibnu Katsir menjelaskan ma'na maha tinggi juga disertai maha besar,sebagaimana firman Allah dalam surah Arra'ad 9: kebesaran Allah itu maha tinggi.dan ini adalah ayat dimana ma'nanya demikianlah, untuk memahami ayat-ayat ini dan hadis-hadis sahih yang semakna dengannya lebih baik melalui jalan yang dilakukan oleh para ulama Salaf yang saleh dan dianjurkan oleh mereka, yaitu tidak menyerupai makhlukNya dan tidak Tasbyih (seperti gambaran apapun).
disini sangat jelas ma'na الْعَلِيُّ disini bukanlah Tinggi tempatnya diatas sebagaimana itu adalah Tasbyih yang meyerupai makhluqNya dan yang demikian itu adalah ma'na yang menyelisihi Para Ulama Mufassirin yang salafus shaleh.

lihat juga Tafsir Alqurtubi:
وَ (الْعَلِيُّ) يُرَادُ بِهِ عُلُوُّ الْقَدْرِ وَالْمَنْزِلَةِ لَا عُلُوُّ الْمَكَانِ، لِأَنَّ اللَّهَ مُنَزَّهٌ عَنِ التَّحَيُّزِ. وَحَكَى الطَّبَرِيُّ عَنْ قَوْمٍ أَنَّهُمْ قَالُوا: هُوَ الْعَلِيُّ عَنْ خَلْقِهِ بِارْتِفَاعِ مَكَانِهِ عَنْ أَمَاكِنِ خَلْقِهِ. قَالَ ابْنُ عَطِيَّةَ: وَهَذَا قَوْلُ جَهَلَةٍ مُجَسِّمِينَ، وَكَانَ الْوَجْهُ أَلَّا يُحْكَى. وَعَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ قُرْطٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِهِ سَمِعَ تَسْبِيحًا فِي السموات الْعُلَى: سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَلِيِّ الْأَعْلَى سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. وَالْعَلِيُّ وَالْعَالِي: الْقَاهِرُ الْغَالِبُ لِلْأَشْيَاءِ، تَقُولُ الْعَرَبُ: عَلَا فُلَانٌ فُلَانًا أَيْ غَلَبَهُ وَقَهَرَهُ، قَالَ الشَّاعِرُ:فَلَمَّا عَلَوْنَا وَاسْتَوَيْنَا عَلَيْهِمْ ... تَرَكْنَاهُمْ صَرْعَى لنسر وكاسر وَمِنْهُ قَوْلُهُ تَعَالَى:" إِنَّ فِرْعَوْنَ عَلا فِي الْأَرْضِ «١» ". وَ (الْعَظِيمُ) صِفَةٌ بِمَعْنَى عَظِيمِ الْقَدْرِ وَالْخَطَرِ وَالشَّرَفِ، لَا عَلَى مَعْنَى عِظَمِ الْأَجْرَامِ. وَحَكَى الطَّبَرِيُّ عَنْ قَوْمٍ أَنَّ الْعَظِيمَ مَعْنَاهُ الْمُعَظَّمُ، كَمَا يُقَالُ: الْعَتِيقُ بِمَعْنَى الْمُعَتَّقِ، وَأَنْشَدَ بَيْتَ الْأَعْشَى:فَكَأَنَّ الْخَمْرَ الْعَتِيقَ مِنَ الْإِسْ ... فِنْطِ «٢» مَمْزُوجَةٌ بِمَاءٍ زُلَالِوَحُكِيَ عَنْ قَوْمٍ أَنَّهُمْ أَنْكَرُوا ذَلِكَ وَقَالُوا: لَوْ كَانَ بِمَعْنَى معظم لوجب ألا بكون عَظِيمًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ الْخَلْقَ وَبَعْدَ فَنَائِهِمْ، إذ لا معظم له حينئذ.
وَهُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِير
Imam Alqurtubi menjeladakan ma'na al'aliyu adalah maha tinggi kekuasaan Allah dan manzilah bukan tiggi tempat.sebagaimana imam At-Thabari mengisahkan "ada suatu kaum yang mengatakan tempat Allah tempat yang tinggi dari tempat makhluq," maka berkata Ibnu Athiyah وَهَذَا قَوْلُ جَهَلَةٍ مُجَسِّمِينَ، َYANG MENGATAKAN DEMIKIAN ITU KATA ORANG BODOH MAJASIMIN (mengaggap Allah berjasad seperti mkhluq).
ُ
Tafsir Al baghawi:
وَقِيلَ: الْعَلِيُّ بِالْمُلْكِ وَالسَّلْطَنَةِ، الْعَظِيمُ: الْكَبِيرُ الَّذِي لَا شَيْءَ أَعْظَمُ منه.
17 jam · Surau Pengajian .


Hendra Rajoangek
Kajian al Al 'aliyu ko nan magatokn artinyo Diateh langik brdasarkn ocehan para Mujassimah nan nyinyie bakato Tuhan batampek diateh lagik dgn mengutib dalil huwal 'Aliyu ko,ntah dimalah dapek dinyo ma'na nan takah itu
Suka · Balas · Sunting · Kemarin pukul 20:08

Libra Lubis
Inggatlah tuhanmu didalam dirimu lebih dekat dari urat lehermu..dan sesungguh nya aku tak berpisah denggan nama ku allah swt..mohon penjelassan nya dari guru2 j angku angku j nan ado di grup ko..
Suka · 1 · Balas · Hapus · Laporkan · Kemarin pukul 20:11

Hendra Rajoangek
Sanak Libra,Tuhan itu bukan barado dalam diri,takuruagnyo
Huwa aqrabu min habli warid,Dia lebih dekat dari urat leher,,aponyo Allah tu nan dakek dari urat leher?
Allah maha dakek (Alqarib) adlh sifat Allah nan lbh dakek dari urat leher dgn meliputi dan maha megetahui apo2 nan ado dalam diri,
Suka · 3 · Balas · Sunting · Kemarin pukul 21:19

Tuanku Mudo
Alhmdlh alah di kurah oleh guru2 kito. Dan kalau kito kubak tafsir al 'aliy di dalam Tafsir al khozin. Maksudnyo tinggi di ateh makhluqnya yg tiada sesuatupun melampauinya,dalam pengertian sebagaimana allah wajib di shifati dengan shifat sifat yg mengandung ke agungan dan kesempurnaan,maka ia tinggi dgn ketinggian yg muthlak/tidak berubah,maha tinggi dari penyerupaan,bilangan,dan kontradiksi.dan ado yg mengatakan tinggi dalam pengertian mulki/kekuasaan,dan sulthonah dan qohru/kekuasaan yg tdk dapat di rubah atau di bantah,maka tidak ado satupun yg labiah tinggi darinya. Dan pado keterangan lain, wahuwal 'aliyyul 'azhim dan dia maha tinggi dan agung.dalam ketinggian iko ado duo takwil. Partamo tinggi dalam kemampuan dan kekuasaan. Kaduo tinggi dari penyerupaan dan percontohan/ indak bisa di bayangkan. Jadi maksud nyo maha tinggi itu iyolah maha tinggi kekuasaannyo,maha besar,maha agung/ketinggian kedudukannya dan kedudukannyo,tidak dalam arti ketinggian tempat,sebab allah maha suci dari sifat kecenderungan/tidak berjisim.dan ado juo yg mangatoan bahwa tinggi di situ adolah meninggikan tempatnya dari pado tempat makhluqnya.dan yg bapandapek allah membutuhkan tampek labiah tinggi dari pado makhluknyo ko adolah perkataan orang2 mujassim yg bodoh/keliru. Lanjut.
Suka · 4 · Balas · Hapus · Laporkan ·

Nan Kanduang
Izin manyalo kanduang yo..
Baapun juo,Sifatnyo mutlak meliputi sluruh nan ado,,baiak itu kabasarannyo,kaagungan,pokoknyo bna sifatnyo ateh sagalo galonyo(Maha)
Yo btu agak e kolah kanduang kami..
Disunting · Batal Suka · 1 · Balas · Hapus · Laporkan · Kemarin pukul 23:07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca terbaik meninggalkan secuil komentar ilmiah,.,.,.silahkan