Ibnu Aqil Asy'ary > Surau Pengajian Syari'at Thariqat Haqiqat Ma'rifat, Ranah Minang
Bismillāhirrahmānirrahīm.
Untuk اولى الالباب
ان الله مع الصابرين
Ssgghnya Allah 👉BESERTA👈 org2 yg sabar { al-anfal ayt 46}.
وهو معكم اينما كنتم
Dan dia (Allah ) 👉BESERTA👈 kamu damanapun kamu berada {al-hadiid ayt 4}.
Apo nan tapahami dek kito dari firman Allah tsb..?
#BESERTA
Silahkan..!
M Irman Al Defri
ado urang mangatokan kalimat #beserta# yo agak ditarang amuih e nyo tu...kato urang kalau kito maliang berarti tuhan sato lo maliang..bazina tuhan sato lo tu...ambo manambah e nyoa bkn mnjawb..
Suka · 1 · Balas · Hapus · Laporkan · 3 jam yang lalu
Ibnu Aqil Asy'ary
Itulah nan kadiluruihan kini nku.
Pemahaman spt itu biasonyo timbul dikalang anti tafsir dan anti takwil.
وسأل ابن شاهين الجنيدَ عن معنى مع. فقال مع، على معنيين: مع الأنبياء بالنصرة والكلاءة.
قال الله تعالى إنني معكما أسمع وأرى . ومع العامة بالعلم والإحاطة،
قال تعالى: ما يكون من نجوى ثلاثة إلا هو رابعهم .
المجدلة ٧
فقال ابن شاهين: مثلك يصلح أن يكون دالاَّ للأمة على الله. الرسالة القشيرية
Ibnu syahin batanyo kpd imam Juneid tentang MAKNA / maksud sifat MA'A / BASARATONYO ALLAH.. Dijawab dek imam juneid: KALIMAT MA'A kalau disandarkan kpd ALLAH ado 2 TAKWILAN makna:
1. MA'A / basaratonyo ALLAH dg NABI dan org2 SHALIH maknanyo adolah sifat pertolongan dan penjagaan yg berkesinambungan (terus menerus) dr Allah untuk Nabi2 dan org shaleh. (bukan manuruik2an kama nabi pai, Allah kasitu pulo.)
2. MA'A ALLAH / BASARATONYO ALLAH umumnyo SELURUH MAKHLUK adalah BASARATO dg SIFAT ILMU dan ILMU ALLAH MELIPUTI SAGALO APOPUN, tdk ado nan SAMAR bg Allah. Walau sagadang bijo sawi.
SPT FIRMAN ALLAH
مَا يَكُونُ مِن نَّجْوَى ثَلَاثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَ..........
المجادلة ٧
TIDAKLAH ADA TIGA ORG YG BABISIK MELAINKAN ALLAH NAN KA AMPEK BESERTA MEREKA.
( al-mujadalah ayat 7)
MAKSUDNYO MENGETAHUI PEMBICARAAN MEREKA, WALAUPUN CUMA BABISIAK2,,
LALU IBNU SYAHIN BERKATA KEPADA IMAM JUNAID TUAN SYEIK ADALAH PETUNJUK BAGI UMMAT.
(kitab Risalah qusyairiyyah 47.)
FIRMAN ALLAH kpd nabi musa dan harun ssgghny Aku BESERTA KALIAN BERDUA maha MENDENGAR dan maha MELIHAT.
Yakni selalu MANJAGO DAN MEMBERI PERLINDUNGAN.
Disunting · Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 51 menit yang lalu
M Zein Sikumbang Sikumbang.
Pandangan ambo iyo baserta taruih je nyeh .tapi sifatnyo nyeh. Kok buruak .kok elok karajo klu ndak ado kudrd jo iradatnyo baa manggaqhik. Cuma akal kito kan lai .nandak masuak narako apo nan sarugo .sadoe kan ado pilihan mah .
Ba,a mangko modetu .urang nan indak barakal batal dek nyo sagalo rukun sariat .tapi we,e tetap juo punyo sifat allah nyeh .salam
Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 2 jam yang lalu
Pandeka Malin
Maliputi ateh kuaso nyo.. Karano Allah maha kuaso..
Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 1 jam yang lalu
Anto Sae Anto Sae
"allah meliputi sekalian alam. . .
Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 1 jam yang lalu
Ibnu Aqil Asy'ary
Ado perumpamaan tadanga bhw:
BAGARAK CINCIN KARANO JARI
BAGARAK JARI DEK SIFAT MA'ANI.
BUWIAH, OMBAK, LAWUIK.
TDK BUWIAH MELAINKAN OMBAK,
TDK OMBAK MELAINKAN LAUIK.
TDK BUWIAK, TDK OMBAK, TDK LAUIK MELAINKAN AIA SAMATO2.
HATI2 MEMAHAMINYO ANDAI ALUN MASAK SFT 20.
Sbb dikhawatirkan jatuah kpd faham HULUL atau ITTIHAD ( bercampur/bersatunyo makhluq dg khalikq nan malenceng dr konsep sifat ka 5 dr sifat 20 QIYAMUHU BINAFSIHI).
Suka · Balas · Hapus · Laporkan · 21 menit yang
Hendra Rajoangek
ثُمَّ رَوَاهُ مِنْ حَدِيثِ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَزُهَيْرٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنِ الْبَرَاءِ بِنَحْوِهِ (٥) وَلِهَذَا قَالَ تَعَالَى: {فَلَمَّا جَاوَزَهُ هُوَ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ قَالُوا لَا طَاقَةَ لَنَا الْيَوْمَ بِجَالُوتَ وَجُنُودِهِ} أَيِ: اسْتَقَلُّوا أَنْفُسَهُمْ عَنْ لِقَاءِ عَدُوِّهِمْ لِكَثْرَتِهِمْ فَشَجَّعَهُمْ عُلَمَاؤُهُمْ [وَهُمُ] (٦) الْعَالِمُونَ بِأَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَإِنَّ النَّصْرَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ لَيْسَ عَنْ (٧) كَثْرَةِ عَدَدٍ وَلَا عِدَدٍ. وَلِهَذَا قَالُوا: {كَمْ مِنْ فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةً بِإِذْنِ اللَّهِ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ}
(٤) صحيح البخاري برقم (٣٩٥٨) .(٥) صحيح البخاري برقم (٣٩٥٧)
dalam Hadits sahih riwayat Bukhari menjelaskan bahwa orang2 mu'min keluar berperang bersama Raja Thalut menghadapi Raja Jhalut yang banyak tentara dan lengkap senjatanya.sdgkn pasukan Thalut dn tentara mu'min yg beriman punya tentara yg sedikit dan senjata minim juga menempuh perjalanan jauh dibawah terik matahari yg sgt panas. mreka mengeluh dan Ragu akn menang dlm perang yg tdk seimbang itu..maka Thalut berkata "Kam..! .Amat banyak pasukan yg sedikit ini akan mengalahkn pasukan yg banyak dgn izin Allah sesungguhnya Allah Menyertai Orang2 yg sabar.
menyertai yg dimaksud disiko adlah dgn pertolongan Allah..dgn melemahkn pasukan kafir nn banyak dan menguatkn pasukan mu'min yg sedikit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pembaca terbaik meninggalkan secuil komentar ilmiah,.,.,.silahkan